Kota Gunung Sitoli Part 1 Sungguh ramah orang Nias!

All Of Nias Island. (1/3)

Hari Pertama Nias
Tanggal 19 September 2018 Hari Rabu

Dear Diary,
Alhamdulillah, Bersyukur kepada Allah SWT sekarang lagi dapat kesempatan emas bisa mengunjungi pulau nias, yang terdengar memiliki kekayaan panorama yang luar biasa. Baiklah, tidak perlu diperpanjang mukadimah, risna pengen nge-share gimana sih rasanya di Pulau Nias? Khususnya ini untuk daerah Kota Gunung Sitoli dulu yak! Sebelum lanjut, mari kita bersama-sama ngelihat Peta Kota Gunung Sitoli. 

Kota Gunung Sitoli
Sumber : Google Map

Tampak terlihat, Kota Gunung Sitoli memiliki Batasan Wilayah, Sebagai Berikut :
Sebelah Utara : Kabupaten Nias Utara
Sebelah Barat : Kabupaten Nias Utara
Sebelah Timur : Samudera Indonesia
Sebelah Selatan  : Kabupaten Nias

Kota Gunung Sitoli memiliki 6 Kecamatan yaitu :
1. Kecamatan Gunungsitoli
2. Kecamatan Gunungsitoli Alo'a
3. Kecamatan Gunungsitoli Barat
4. Kecamatan Gunungsitoli Idanoi
5. Kecamatan Gunungsitoli Selatan
6. Kecamatan Gunungsitoli Utara

Logo Official Kota Gunung Sitoli
Sumber : Wikipedia

Diawali dengan sarapan pagi nasi bungkus, kami menikmati sentuhan hangatnya teh pagi. Sebelumnya, malam hari kami telah merencanakan untuk kegiatan hari ini. Tiba seorang supir travel yang menjemputi kami, bang wen namanya. Orangnya asik dan ringan tangan untuk membantu kami. Kami yang sedang sarapan juga menawarkan dia untuk ikut makan bersama kami. Kebetulan 3 hari yang akan datang ini kami menginap di Hotel Nasional,  di Jl. Klp. No.55, Ps. Gn. Sitoli, Gn. Sitoli, Kota Gunungsitoli. Mau tau review hotel ini ? heheh.. kebetulan aku gak banyak foto sih, tapi kalau aku bilang sih oke-oke aja. Pas banget hotel ini kiri – kanan ada tersedia makanan halal (bagi yang muslim seperti kami), jadi cocok banget deh untuk kalian yang lapar atau mencari makan malam dan tidak memiliki kendaraan untuk transportasi di sana. Dan ada view paling indah Masya Allah, ada pemandangan langsung ke laut gitu, jadi kita pagi-pagi itu bisa langsung lihat sunrise. Ketika sedang sarapan, kami ditanya oleh bang wen : “mau kemana kita mbak/mas?”. Wah aku jadi terhilang perasaan gugup ku untuk bertemu dengan orang nias, heheh.. (soalnya denger-denger orang nias itu agak gimana gitu, lah ternyata mereka ramah dan baik bener loh!)
Setelah memberi tau tujuan kami ke bang wen, kami langsung menuju kantor BPBD Kota Gunung Sitoli. Ternyata kami datang terlalu pagi, heheh, mereka belum juga menggelar apel pagi bersama pegawai-pegawainya. heheh.. semangat 45 nih! Nah, Bapak, Ibu disana sangat ramah banget, langsung menerima kami dengan senyum mereka dan salam hangat mereka yaitu : Yahowu! (bahasa nias yang artinya selamat datang/selamat pagi/siang/sore). Lalu kami memberikan surat tugas untuk melakukan beberapa observasi di instansi tersebut. Sungguh, mereka sangat welcome! mereka menjamu tamu mereka dengan baik. Disuguhkannya kami dengan minuman dan diberikannya kami informasi yang dibutuhkan. mantap pak! Kalau bisa ditarik kesimpulan sih ya, di Kota Gunung sitoli ini untuk tingkat mitigasi bencana tsunaminya udah mulai ada karena terlihat udah ada beberapa alat komunikasi, peta, dan sirine disana. Karena apa yang kami harapkan sudah didapatkan, kami meminta izin pamit, dan lanjut foto besama dengan mereka. Di akhir perpisahan, ibu-ibu yang kerja di sana pada baik banget, cantik dan centil bikin rame suasana. Mereka bilang, saya ada akun facebook adik manis, nanti tolong di invite yah. (tapi risna beneran lupa bu namanya, huhuhu, maafkan risna ya bu, sedih loh bu). 
Waktu sudah menunjukkan pukul 09.40, kami berencana pergi "ngopi" (istilah orang Aceh untuk break time sejenak, walaupun kami bukan minum kopi yaa) di warung kota. Kami menuju ke salah satu warung di Kota Nias. Duh, lupa nama warungnya! apa ya? lupaa... *maafkan risna ya* ohya, sebelum masuk ke warung itu, risna sempatin ngelirik di foto sebelah ada disediakannya pakaian adatnya. Btw mau ngasih pendapat sedikit, di kota gunung sitoli, secara kasat mata risna ngelihatnya mereka senang banget sama dengan warna orange bercampur hijau gitu. (Why? karena.. terlihat dari beberapa sisi toko yang di cat warna itu terus, hahaha.. kadang perpaduan orange and green, dan terkadang cuma sebatas orange aja) ah entahlah ya.

Pakaian Adat nias yang dijual di salah satu toko sebelah warung.

Salah satu teman timku memesan minuman khas di sumatera utara yaitu TST (Telur Susu Telur). Waduh, ga terbayang sih rasanya gimana ya! tapi katanya enak, yah entahlah wkwkwk. gimana ya rasanya ya Allah. Seperti teh tarik kah? atau? hmm..ada amis nya kah? ah entahlah.. kapan-kapan bakal risna coba deh ya!

TST
Sorry, fotonya gak asli dikarenakan risna lupa fotonya, tapi mirip gini nih.
sumber : medantourism

Sedangkan aku sendiri memesan Jus Alpukat, tapi agak berbeda sedikit sih. Karena aku selalu konsumsi jus alpukat dicampur dengan susu coklat atau kopi. Kalau di Kota Gunung sitoli sendiri, mereka tidak memakai apa-apa, bener-bener alpukat dan gula saja, (mungkin ada ditambahkan sedikit susu putih kali ya). Well, aku ngakali bagaimana caranya dengan meminta sedikit kopi pesanan teman tim ku satu nya lagi. (Alhamdulillah ya, dianya sedang ga pelit dan mau ngasih kopinya sedikit, heheh.. Peace..) 

Ngopi udah, kami melanjutkan langkah ini ke instansi lainnya. Sayangnya, instansi tersebut tidak ada pegawai yang bisa kami ajak diskusi. Hmm.. baiklah. mungkin di lain waktu kali ya.. Kami tidak lupa meminta nomer kontak mereka yang bisa dihubungi. Lalu, kami pergi ke instansi lainnya dan ini orangnya alhamdulillah ada! kami senang, dan langsung bertemu dengan kadisnya. Wah, mereka welcome lagi, heheh.. Mereka mau menginformasikan beberapa topik yang kami perlukan dan disuguhkan dengan apa yang mereka punya. Aku ingat disini, mereka bilang kalau Gunung sitoli ini banyak menghasilkan hasil alam, hanya saja masih kurang dalam pemberdayaan masyarakat. So, saat ini mereka akan meningkatkan pemberdayaan itu dulu sebagai program kerja mereka di masa yang akan datang. 


Oke, sekian dulu, kita sambung di postingan Kota Gunung Sitoli Part 2 ya!

0 Response to "Kota Gunung Sitoli Part 1 Sungguh ramah orang Nias! "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel