Ada Pad Thai di AIHFF 2017

          Awalnya saya hanya sekedar melihat-lihat makanan yang disajikan jajanan khas Aceh di antara jambo-jambo yang disediakan panitia.  Disana memang banyak sekali terdapat jenis makanan, mulai dari masakan Aceh, eungkot tumeh, kuah belangong, beulacan, pepes eungkot, Sie Reuboh, pisang thok, dan lain-lain yang memang mempunyai sifat ke "khas"an nya hingga masakan dari luar negeri. 
Aceh International Halal Food Festival 2017

          Aceh International Halal Food Festival (AIHFF) 2017 merupakan Kegiatan promosi besar-besaran yang diadakan oleh DIsbudpar Aceh untuk menggaet wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Rangkaian agenda juga disuguhkan untuk menarik minat pengunjung seperti Merdeka kita ngopi, Pemecahan rekor muri Idang Talam, menghias Tumpoe, dan makan gratis 1000 tusuk sate matang! salut. Dengan diadakannya festival ini banyak daerah kabupaten memperkenalkan produk dan makananan khas nya. 
          Kaki melangkah perlahan, sekedar melirik bahkan mencuri beberapa potret dari setiap makanan yang disuguhkan oleh penjual makanan. Jika ada yang tertarik, saya akan bertanya langsung bagaimana proses pembuatannya, asalnya, bahkan historisnya. Yap! saya pecinta makanan, apapun itu yang dapat menggungah taste, rasa, dan harumnya! Bahkan saya yang sengaja sedang "menculik" dua orang, Icut dan Juli. Terlebih dahulu saya membuat perjanjian dengan mereka agar diantara kami dapat membeli makanan yang disetujui dengan berbeda jenis dan rasanya. Hehehe.. Ini strategi untuk meraup keuntungan yang besar!
          Berjalan lah kami melewati berbagai gerai dan melabuhkan kaki ke salah satu gerai Negara Tetangga, Thailand. Terlihat banyak kerumunan orang-orang yang telah mulai memadati dan berdesak-desakan seperti mengantri sembako, hehehe. Tidak! Mereka sedang melihat Chef cantik loh dari Negeri Gajah. Namanya, Chef Apple yang kelihatan perawakannya tomboi tetapi jago banget mengolah makanan. 



Pad Thai

          Ternyata di Gerai tersebut sedang diadakannya demo masak. Ho? Makanan.. mendengar kata itu, aku pun menarik dua tawanan ku tadi untuk merapat. Chef Apple dan teman-temannya ternyata tidak bisa berbahasa Indonesia dan tidak fasih dengan Bahasa Inggris, sehingga ada juru bicara yang setia menemaninya. Kami pun mulai bertanya-tanya, dan alhasil terjawablah, mereka akan membuat "Pad Thai". 


Chef Apple sedang demo masak Pad Thai

            Pad Thai adalah salah satu kuliner Thailand yang berbahan dasar mie. Mie yang digunakan dikesempatan demo masak ini berjenis kwetiau. Jika memang ada yang ingin mencobanya dari mie instan, mie hun, atau ifu mie bisa saja, bumbu akan tetap sama hanya mungkin tingkat rasa yang masuk ke dalam mulut akan berbeda. Pad thai disajikan dengan berbagai protein seperti udang, daging bahkan telur. Aroma minyak ikan dan tamarine (asam jawa yang diperas) sangat lengket. Taburan kacang tanah yang telah diiris-iris menambah rasa  renyah di setiap suapan Pad Thai.
            Chef Apple juga menambahkan, Penyajian Pad thai ini banyak cara, ada yang menggunakan telur diorak arik sekaligus dimasak dalam makanan, ada juga telur yang didadar tipis lalu pad thai dibungkus dan ada telur yang hanya digoreng saja. Jadi banyak macam varian yang bisa kamu kombinasikan dalam resep ini. Kuncinya makanan ini akan kelihatan rasa asam, manis dan tercium wangi minyak ikannya.


Sajian bahan dasar Pad Thai



            Di akhir tulisan, saya akan membagikan resep yang didapatkan dari on the spot. Okay, Semoga Bermanfaat!

Resep Pad Thai 

  • Kwetiau / mie 
  • 2 sdm minyak goreng 
  • 1 bawang merah
  • 2 sdm Tamarine
  • 3 sdm minyak ikan
  • 1 sdt gula merah
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdm cabe kering ditumbuk
  • Telur
  • tauge
  • daun bawang
  • wortel
   Taburan:
  • udang (direbus/digoreng)
  • kacang tanah
  • daun sop
  • jeruk nipis


0 Response to "Ada Pad Thai di AIHFF 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel