Pembuatan Syrup dari Kelapa Muda - Cocopandan - (Tanpa Pengawet)

Hey hey!! malam ini aku ngepost untuk ke 2 kali ya,, hehehe.. abisnya udah lama ga ngeblog lagi sih, mumpung lagi ada waktu malam ini,(halah.. macam banyak waktu aja anee, hehehe.. :p) makasih ya sebelumnya kalian udah mau hadir ke dalam blog akuu,, (halah.. lebay :D)
Post sebelumnya aku kan udah cerita nih, bulan agustus kemarin aku ikut KKN untuk memenuhi syarat mata kuliah aku.. yap! di desa Kayee Raya, Kabupaten PIDIE JAYA.. Kalian tau Tempatnya ?? nih aku kasih petanya :D hihihi..
Peta Gampong Kayee Raya, PIDIE JAYA

Nah, itu dia tempat KKN UNSYIAH, dekat dengan desa Lungputu, dekat lah dengan pusat pembelanjaan :D Nah, di KKN Unsyiah ini aku buat beberpa program yang terdiri dari program utama sama program penunjangnya. Program utama udah aku paparin di post sebelumnya tentang pembuatan papan pembatas gampong. Ini sekarang aku mau paparin program pendukung aku. Program pendukung aku ada 2 program yang salah satunya ini pembuatan syrup dari kelapa muda (tanpa Pengawet). Seru gak? Seru dong... Laris manis tau minuan syrup aku! :D diserbu warga semua sih.. kemarin tu pas kali cuaca lagi panas-panasnya.. yuk,, lkita bahas sedikit tentang syrup dari kelapa muda ini! (oppsss, tunggu aja yaa,,, program selanjutnya yang akan nanti aku post di lain waktu pas aku sempat) 
Pemanfaatan air kelapa yang merupakan limbah pembuatan minyak kelapa sebagai usaha rumahan merupakan salah satu pemanfaatan air kelapa yang sejauh ini rendah tingkat pemanfaatannya di Kabupaten Pidie Jaya.  Program pembuatan sirup ini dilakukan oleh mahasiswa Teknik Sipil sebagai kegiatan penunjang untuk ibu-ibu desa Kayee Raya. Program ini dilaksanakan pada hari selasa tanggal  19 Agustus 2014 yang terdiri dari ibu-ibu serta anak-anak desa Kayee Raya. Hasil dari pembuatan sirup ini sangat disukai oleh ibu-ibu dan anak-anak.
IMG_1974
Gambar 1. Antusiasme warga gampong kayee raya
sirup1
Gambar 2. Warga memperhatikan resep syrup cocopandan
IMG_1979
Gambar 3. Penimbangan gula
IMG_1993
Gambar 4. Penglarutan CMC
IMG_1955
Gambar 5. Pemberian larutan CMC ke dalam air kelapa
IMG_2001
Gambar 6. Pengadukan air kelapa di atas api
IMG_2162
Gambar 7.  Syrup Cocopandan selesai
IMG_2191
Gambar 8. Penyerahan Syrup kepada Ibu Geusyik
IMG_2168
Gambar 9. Manisnya syrup Cocopandan
IMG_2187
Gambar 10. Hasil Kreasi anak KKN kelompok 158 ; Syrup Cocopandan dan Brownies Kukus
Resep sirup cocopandan :
Syrup Cocopandan
Kelapa muda sangat dikenal berguna bagi tubuh. Rasa airnya sangat segar dan terasa alami serta dapat menggantikan ion tubuh yang hilang.
Bahan-bahan :
-          Air kelapa 500 cc (Tanpa isi)
-          Gula 400 gram
-          Essence Frambozzen ( setetes/ di ujung sendok )
-          ½ sdm Natrium Benzoat
-          Pewarna merah secukupnya
-          CMC makanan secukupnya (asal udah kental saja)
-          2  lembar daun pandan
Alat :
-          Panci
-          Kompor
-          Sedokan
-          Saring
Cara Pembuatan :
-          Larutan 1 :  CMC dilarutkan dengan sedikit air kelapa sampai mengental
-          Larutan 2 :  Sisa air kelapa dipanaskan didalam beserta daun pandan dengan api kecil sampai mendidih sambil memasukkan gula pasir
-          Larutan 1 dicampurkan dengan larutan 2 dan diaduk hingga cmc merata sekitar 15 menit.
-          Masukkan essence dan pewarna merah  sebentar kemudian turunkan dari atas perapian,
-          Jika CMC yang ditaruhkan kebanyakan,maka sebelum dimasukkan ke dalam botol, sirup disaring terlebih dahulu.
- Selamat Mencoba -
Bisa juga kalian baca di : 
 http://webblog.kkn.unsyiah.ac.id/kayeeraya/author/kayeeraya/page/2/

0 Response to "Pembuatan Syrup dari Kelapa Muda - Cocopandan - (Tanpa Pengawet)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel