Generasi Milineal, Si Generasi Hemat Kertas



Sejak generasi milineal lahir, penggunaan media online semakin meningkat dalam menunjang kehidupan sehari-hari. Kemajuan teknlogi yang semakin canggih dan sumber daya manusia juga ikut mendukung dalam penggunaan media online. Contohnya saja mulai tahun 2013 Perpustakaan Universitas Syiah Kuala telah menggunakan portal website dalam menyimpan kearsipan, Uilis.Unsyiah.ac.id. Salah satunya yaitu penerapan pada ETD (Electronic theses and dissertation) dalam rangka penghematan penggunaan kertas. Para Pustakawan Unsyiah telah memilih langkah ini agar tidak terjadinya penumpukan arsip skripsi, thesis dan disertasi di perpustakaan. Setiap tahunnya mahasiswa yang memilih Unsyiah sebagai tempat perguruan tinggi untuk menuntut ilmu semakin meningkat, apalagi mahasiswa tersebut adalah generasi milineal. Mereka lebih tertarik mencari bahan literatur dengan menggunakan internet ramah dan praktis.


 
Tampilan ETD (Electronic Thesis and Disertation) kekinian
Sumber : http://etd.unsyiah.ac.id/

 Bukan hanya itu saja, untuk membaca berita-berita up to date, kaum milineal sudah menggunakan koran/majalah versi digital (e-paper) yang diterbitkan. Penggunaan versi digital ini akan mengurangi tumpukan-tumpukan koran konvensional yang menggunung di kantor dan di rumah, apalagi kalau sudah berdebu, terkena tumpahan minuman, ataupun rusak. Jika ingin dijual pun, harga dan tumpukan koran tidak sebanding harganya, jauh lebih murah. Sehingga para konsumen akan lebih memilih membakarnya atau dibuang dengan percuma sebelum menggunung. Ini akan sangat lebih berbahaya!

Tampilan salah satu e-Paper zaman Now
Sumber : http://aceh.tribunnews.com/epaper/

Dengan mengurangi konsumsi kertas, setidaknya generasi milineal telah menyelamatkan flaura dan fauna yang ada di bumi. Mengapa demikian? Bahan baku utama kertas yaitu berasal dari pohon yang menjadi tempat tinggal terbaik mereka. Kayu tersebut ditebang menjadi batangan lalu diolah menjadi bubur kertas. Menurut laman mongabay.co.id., “Permintaan kayu dari hutan tropis terus meningkat secara global, sementara di sisi lain hutan tropisnya terus lenyap dari waktu ke waktu”. Sungguh ini sangat menjadi hal yang menakutkan untuk generasi penerus. Penebangan hutan yang terjadi akan memberikan efek deforestasi. Memang terlihat penebangan hutan tidak habis secara langsung, tetapi akan menimbulkan ancaman lain seperti para petani mendapatkan akses mudah untuk membuka lahan perkebunan dan pertanian. Seharusnya itu adalah tutupan lahan untuk hutan, tetapi lama kelamaan akan berubah menjadi wilayah perkebunan. 
Dampak jumlah hutan yang menyusut karena terus menerus ditebang akan berakibat ke emisi gas rumah kaca semakin meningkat. Hutan tropis dapat menyerap karbon  berlebih karena memiliki kegiatan sehar-harinya yaitu fotosintesis dan respirasi yang lebih baik.. Aktifitas manusia yang menebang hutan untuk pembuatan kertas menjadikan karbon dioksida lebih mudah terlepas ke atmosfer. Oleh karena itu, manusia sangat membutuhkan hutan dalam menahan lepasnya karbon secara leluasa di udara dan melawan ganasnya perubahan iklim yang sedang terjadi. 1 ton kertas itu sama dengan 17 pohon yang ditebang. Peradaban manusia sekarang bukan menurun, tetapi makin meningkat dan sebanding dengan konsumsi kertas. Dengan adanya teknologi yang makin canggih, hal ini akan mengurangi penggunaan kertas.



Generasi milinieal itu antusias dengan segala yang serba instant, cepat, dan  cepat. Seperti pencarian literasi yang menggunakan media online dan membaca berita terkini menggunakan versi digital. Sebenarnya ada banyak lagi hal-hal yang dilakukan oleh generasi milineal dalam penggunaan  kertas yang bijak seiring perkembangan teknologi. Bukan seperti contoh di atas saja, tetapi lebih dari itu. Jadi, secara tidak langsung, generasi milinealis menghemat pemakaian kertas dengan cara tidak mencetak manuskrip yang terlalu banyak dan point pentingnya mereka tidak akan menyumbang sampah.

0 Response to "Generasi Milineal, Si Generasi Hemat Kertas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel